Featured Post

Terlengkap Soal Latihan Un Unbk (Usbn) Kegiatan Paket C Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

SOAL LATIHAN UN UNBK (USBN) PROGRAM  PAKET C MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Berikut Contoh Latihan Online   Soal Latih...

Terlengkap Anutan – Juknis Pemilihan Guru Sd Smp Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019

 Juknis Pemilihan GURU SD Sekolah Menengah Pertama Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun  TERLENGKAP PEDOMAN – JUKNIS PEMILIHAN GURU SD Sekolah Menengah Pertama BERDEDIKASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019

Pedoman – Juknis Pemilihan GURU SD Sekolah Menengah Pertama Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019. Pendidikan merupakan instrumen utama pembangunan sumber daya insan (SDM). Salah satu  arah  kebijakan  pembangunan  bidang  pendidikan  adalah  untuk  meningkatkan kemampuan akademik dan kompetensi profesional pendidik (guru) serta untuk meningkatkan jaminan kesejahteraan para pendidik. Melalui upaya ini, diperlukan para pendidik akan lebih efektif dalam menjalankan kiprah dan tanggung jawabnya, terutama tugas  mereka dalam membantu akseptor didik membuatkan budpekerti dan akal pekerti  sebagai perwujudan revolusi mental. Hal tersebut, pada gilirannya, diperlukan akan berdampak pada peningkatan martabat forum pendidikan dan penguatan kiprah pokok dan fungsi pendidik.

Dalam rangkaian proses pendidikan, guru mempunyai posisi sentral dan menentukan. Mereka merupakan unsur penentu utama bagi keberhasilan pendidikan. Namun, disisi lain, harus diakui bahwa sebagian  besar guru belum memperoleh penghargaan yang masuk akal dan semestinya, sementara pengabdian mereka terhadap dunia pendidikan sangat luar biasa. Oleh alasannya itu, tunjangan penghargaan kepada guru yang berkompetensi dan berdedikasi tinggi merupakan salah satu upaya kasatmata untuk menempatkan posisi guru secara layak sebagai insan pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Hal ini sejalan dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2005 perihal Guru dan Dosen, pasal 36 ayat (1) yang menyebutkan bahwa guru yang berdedikasi dan berprestasi, berdedikasi luar biasa, dan/atau bertugas di kawasan khusus berhak memperoleh penghargaan.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, hendak memperlihatkan penghargaan kepada para guru pendidikan dasar berdedikasi tinggi yang kompeten terhadap  tugas profesinya. Buku Pedoman – Juknis Pemilihan GURU SD Sekolah Menengah Pertama Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019 ini merupakan pola dalam melakukan Pemilihan Guru Pendidikan Dasar yang berdedikasi dan berkompeten Tahun 2019, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun di tingkat nasional.

Berdasarkan Pedoman – Juknis Pemilihan GURU SD Sekolah Menengah Pertama Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019, Pendaftaran akseptor pemilihan guru berdedikasi yang kompeten sanggup dilakukan melalui 2 jalur, yaitu:
a. Jalur Reguler, yaitu akseptor diajukan melalui dinas pendidikan kabupaten/kota untuk mengikuti pemilihan guru berdedikasi tingkat nasional dengan ketentuan berikut.
(1) Menunjukkan pengabdian tinggi dalam melakukan kiprah yang dibuktikan surat pernyataan dari atasan.
(2) Memiliki kekerabatan sosial yang baik dengan masyarakat selama bertugas yang dibuktikan  dengan  surat  pernyataan  dari  rekan  sejawat  dan  masyarakat setempat.
(3) Dipilih dari hasil seleksi kabupaten/kota untuk ditetapkan dan ditugaskan oleh dinas pendidikan provinsi untuk maju ke tingkat nasional
b. Jalur Penelusuran, yaitu akseptor diajukan melalui yayasan penyelenggara pendidikan atau oleh perorangan untuk mengikuti pemilihan guru berdedikasi tingkat nasional dengan ketentuan berikut.
(1) Menghadapi tantangan pengabdian dalam kondisi yang ekstrem, menyerupai kondisi lingkungan alam dan sosial yang relatif sangat berat, hambatan-hambatan yang mesti  dihadapi  dalam kondisi di  luar  kebiasaan  ( ekonomi,  jarak, waktu, keterbatasan  diri/distabilitas,  keterbatasan  sarana  prasarana,  dan  lain-lain) dibuktikan dengan surat keterangan atasan.
(2) Melakukan terobosan proses perubahan sosial yang signifikan dalam  situasi sosial yang serba 3T (tertinggal,  terluar dan terdepan)  di tempat  mengabdi dibuktikan dengan surat keterangan atasan.
(3) Melakukan acara yang menarik perhatian masyarakat luas (viral)  tentang kegiatan dedikasi  yang kompeten sebagai seorang guru  selama satu tahun terakhir dibuktikan dengan salinan pemberitaan di media sosial.

Selengkapnya silahkan download Pedoman – Juknis Pemilihan Guru SD Sekolah Menengah Pertama Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019.




Link Download Pedoman – Juknis Pemilihan Guru SD Sekolah Menengah Pertama Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019----DISINI-----

Demikian informasi perihal Pedoman – Juknis Pemilihan Guru SD Sekolah Menengah Pertama Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =



0 Response to "Terlengkap Anutan – Juknis Pemilihan Guru Sd Smp Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel