Airasia Sediakan Wifi Di Pesawat, Berapa Biayanya?

Suasana acara. Foto: Agus Tri Haryanto/inetSuasana acara. Foto: Agus Tri Haryanto/inet

Jakarta - Saat berada dalam penerbangan, penumpang akan sering diberi peringatan untuk menonaktifkan layanan komunikasi alasannya yakni sanggup mengganggu navigasi pesawat yang sedang terbang. Tapi kini, WiFi jadi kemudahan yang mulai lumrah di pesawat terbang.

Maskapai AirAsia Indonesia pun coba menghadirkan layanan WiFi yang diberi nama Rokki dalam penerbangan di Indonesia. Sebelumnya, kemudahan tersebut telah tersedia di pesawat AirAsia di Malaysia semenjak 2014.

Butuh waktu sekitar 1,5 tahun bagi AirAsia Indonesia memboyong layanan WiFi dalam penerbangan di Indonesia, untuk mengurus perizinan dan pengujian WiFi di kabin. Dalam menghadirkan layanan WiFi ini, AirAsia Indonesia didukung Indosat Ooredoo sebagai penyedia layanan.

"Sudah usang kita ingin menghadirkan layanan WiFi ini, yang risikonya sanggup diluncurkan hari ini sebagai tanda niat baik mendekatkan diri kepada pelanggan, yang tak hanya memahami namun juga memenuhi kebutuhan," ujar CEO Grup AirAsia di Indonesia Dendy Kurniawan dalam sambutannya di RedHouse, kantor sentra AirAsia, Tangerang, Jumat (10/11/2017).

Di kesempatan yang sama, Director & Chief Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredoo Herfini Haryono menyebut adanya WiFi di pesawat yakni untuk memperlihatkan pengalaman digital kepada penumpang dikala terbang.

"Tujuan value added. Layanan ini untuk biar masyarakat always on," ucap Herfini.

Untuk mencicipi layanan WiFi yang disediakan AirAsia, penumpang tinggal mengaktifkan fitur WiFi di ponsel atau tabel, di mana perangkat tersebut dalam kondisi mode pesawat. Setelah itu, hubungkan koneksi ke WiFi AirAsia-ROKKI yang dilanjutkan jalan masuk situs www.rokki.com.

Setelah terhubung, banyak sekali hiburan sanggup dinikmati penumpang, mulai dari mengakses layanan pesan instan, streaming musik hingga dengan nonton film.
AirAsia Sediakan WiFi di Pesawat, Berapa Biayanya?Foto: Agus Tri Haryanto/inet

Sayangnya, layanan WiFi di pesawat ketika terbang ini tidak gratis. Penumpang sanggup menjajalnya dikala telah memakai dua pilihan paket, yaitu paket chat 3 MB dengan tarif Rp 30 ribu dan paket internet 10 MB yang dikenakan tarif Rp 60 ribu.

Secara rinci, paket chat hanya sanggup mengakses WhatsApp, WeChat, Line, KakaoTalk, dan Viber. Sedangkan paket internet sanggup mengakses keperluan internet ringan yang tidak termasuk streaming video dan download aplikasi.

"Cara pembayarannya uang tunai alasannya yakni paketnya tersedia pakai voucher. Kita sedang membuatkan cara pembayaran lewat kartu kredit," kata Commercial Director AirAsia Indonesia Rifai Taberi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel